Beauty: 5 Kandungan Skincare yang bisa Anda Pilih untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

By Hanifah Trya - 14.25

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum bagi setiap orang. Dan banyak orang yang menderita jerawat kemudian menemukan masalah yang baru bagi diri mereka yaitu bekas jerawat. Bekas jerawat sebenarnya adalah bagian dari proses penyembuhan. Scars atau bekas jerawat yang tampak seperti kulit tidak rata, bopeng berlubang atau membentuk cekungan dapat membuat Anda self-conscious dan tidak percaya diri sebagai jerawat itu sendiri. Hal-hal seperti laser treatment memang mungkin dapat dilakukan, tetapi hal tersebut bisa terlalu mahal untuk sebagian orang.

Berikut adalah kandungan-kandungan di dalam skincare yang Anda mungkin bisa temukan melalui pilihan perawatan sendiri untuk mengatasi bekas jerawat.

1. AHA/BHA (Alpha hydroxy acid/ beta hydroxy acid)

AHA/BHA membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit sehigga dapat mengurangi bekas-bekas kehitaman jerawat. AHA/BHA berfungsi meregenerasi sel kulit dan juga melepaskan sel sel kulit mati lalu menggantikannya dengan kulit yang lebih sehat.

2. Niacinamide

Kandungan niacinamide bisa memberikan manfaat untuk kulit wajah, salah satunya meredakan peradangan akibat jerawat dn mengurani hyperpigmentation. Tapi, tidak sampai disitu saja. Menurut Femaledaily.com disebutkan kalau niacinamide juga membantu memulihkan kondisi kulit pasca jerawat seperti memudarkan acne scar, memudarkan hyperpigmentation, mencerahkan, serta meratakan warna kulit.

3. Aloe Vera

Dari sekian banyak kegunaan aloe vera gel untuk kulit, salah satunya yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat. Peran vitamin E dan vitamin C dalam aloe vera cukup signifikan untuk membantu memudarkan noda bekas jerawat. Aloe vera juga mempunyai zat anti-inflamasi yang dapat mengurangi iritasi kulit dan menghilangkan sel kulit mati. Sehingga kulit mati tersebut terangkat dan menjadi kulit yang baru.

4. Salicylic Acid

Salicylic Acid berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi semua penyebab utama munculnya jerawat. Bila Anda memiliki bekas jerawat dengan tipe hiperpigmentasi, penggunaan dengan kandungan ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan terluar kulit Anda sehingga akan memudarkan bekas jerawat lebih cepat.

5. Retinol dan Vit C

Dua kandungan ini merupakan kandungan sangat bagus untuk menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. Retinol dapat berfungsi membantu mempercepat proses regenerasi kulit kulit, sedangkan vitamin C berfungsi untuk mencerahkan kulit untuk warna kulit yang tidak merata.



Sudah menemukan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat?



Hanifah Trya I.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar