Lifestyle: Kesalahan Saat Berlibur yang Bisa membuat Anda Boros

By Hanifah Trya - 06.26

Liburan merupakan sebuah salah satu kegiatan relaksasi dari rutinitas sehari-hari yang diminati masyarakat dari berbagai umur. Banyak anak muda yang kini lebih mengutamakan berlibur daripada membeli barang mewah atau elektronik. Ada yang memilih berjalan-jalan ke luar kota, atau sekadar shopping di pusat perbelanjaan sekitar tempat tinggal. Tetapi banyak yang mengurungkan minat berlibur karena anggapan bahwa liburan itu mahal dan boros.


Nah, yang perlu dicermati adalah sikap impulsif dalam menghabiskan uang saat berlibur semacam ini. Sebuah perencaan sangat dibutuhkan ketika anda pergi berlibur untuk menghindari terjadi sifat impulsif tersebut. Maka dari itu sangat dibutuhkan bagi setiap orang untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan liburan.


Berikut ini adalah Kesalahan Saat Berlibur yang bisa membuat Anda Boros:


1. Kurangnya Perencaan Anggaran


Cobalah membuat daftar proyeksi pengeluaran. Terutama bagi kita yang sudah berkeluarga. Mengatur proyeksi pengeluaran terhadap masing-masing anggota keluarga akan menghindarkan kita untuk mengeluarkan uang dengan alasan yang tidak perlu. Aturlah sehemat yang kita bisa. Jika kita sudah memiliki anak, ajarilah pula mereka soal berhemat.


2. Berbelanja yang tidak penting


Sebelum Anda berbelanja, Anda harus memikirkan baik-baik apakah barang tersebut adalah barang yang sangat penting atau tidak. Kesalahan banyak orang tentang membeli barang yang tidak penting saat berlibur membuatnya boros.


3. Menggunakan pembayaran sejenis E-Payment


Usahakan menggunakan uang tunai saat bertransaksi. Studi neurologi menunjukkan bahwa ketika kita menggesek kartu kredit atau debit, otak kita secara otomatis terhenti dalam memikirkan soal transaksi tersebut. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa seseorang seolah menjadi boros saat berbelanja menggunakan kartu. Berusaha menggunakan uang tunai saat berlibur akan membuat kita lebih memikirkan jumlah uang yang dihabiskan, dan secara alami membuat kita patuh dengan budget yang dibuat.


4. Makan di tempat Wisata


Harga makanan di tempat wisata cenderung lebih mahal di tempat-tempat lain. Akan lebih baik jika kamu membawa bekal. Dengan membawa bekal, kamu bisa menghemat pengeluaran. Walaupun cuma sedikit, kamu bisa menggunaka dana yang ada untuk keperluan yang lainnya.


Selamat berlibur!






Hanifah Trya I.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar